Nama : Qonita Fi Aunillah
Ilmu Perpustakaan
100213300536
MEDIA YANG TIDAK
PROYEKSIKAN
Ø Bahan-Bahan
Grafis, meliputi :
Ø Foto
Meskipun hanya dengan selembar
foto , tetapi kita bias memperoleh suatu informasi dari foto tersebut.
Ø Diagram
Digunakan untuk memberikan penjelasan
tentang data numerik.
Ø Peta
Peta adalah gambaran permukaan
bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.
Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta
konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.
Ø Poster
Selembar gambar yang berisi pesan untuk
mengajak seseorang.
Ø
Model
adalah benda tiruan dalam
wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang
sesungguhnya. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai
pengganti realia.
Misalnya kerangkamanusia
Ø Media realia adalah benda
nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat
melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat mmemberikan pengalaman nyata kepada siswa.
GAMBAR
YANG DIPROYEKSIKAN
Ø
Overhead
transparansi (OHT)
OHP adalah
salah satu alat yang digunakan untuk memproduksi ataumemproyeksikan gambar atau
visual yang ada di dalam transparansi diataspermukaan kaca yang apabila lampu
OHP dinyalakan maka transparansi tersebut akan terproyeksikan. Kemampuan
lensa yang ada didalam OHP memungkinkan pantulan gambar atau tulisan
menjadi lebih besar dari aslinya dan tampil dengan cahaya yang cemerlang.
Ø
Film
bingkai (slide)
Slide (film bingkai) adalah suatu film
transparansi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2x2 inci. Bingkai tersebut
terbuat dari karton atau plastik.Film bingkai diproyeksikan melalui slide
projector. Jumlah film bingkai yang akan ditayangkan untuk suatu program
tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, lama penayangan
atau panjangnya program sangat bervariasi.
SISTEM MULTIMEDIA
Ø
Sistem
Multimedia Stand Alone
Adalah erupakan sistem
komputer multimedia yang memiliki minimal storage(harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
Contohnya :
·
CD-ROM
Ø
Sistem
Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung
melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah
adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh:
video converence dan video broadcast.
·
Contohnya
:
MEDIA SUARA/AUDIO
Ø
Tape
Recorder
Salah satu media yang digunakan untuk memutar
kaset tape
Ø
Radio
teknologi yang
digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik
(gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara
dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang
ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
MEDIA
AUDIO VISUAL
Ø Film
Gambar yang bergerak
Ø Televisi
Televisi adalah sebuah media
telekomunikasi
terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara,
baik itu yang monokrom
(hitam-putih) maupun berwarna.
MEDIA
KOMPUTER
Ø Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data
menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri.
Ø
Laptop
komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan
mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1
hingga 6 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan
spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat
digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.
Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung
pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar