Selasa, 31 Januari 2012

perkembangan windows :)


Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital
Dosen Pembimbing: Moh Syafii, S.Kom.
oleh:
Muhammad Alif Fathoni
Saiful Hadi
Qonita Fi Aunillah
Ayu Fauziah Suminar
Laela Karomah


Awal mula diluncurkannya windows sampai dengan sekarang bermula dari Gates dan Allen pada tahun 1975-1980 yang membentuk kemitraan yang disebut Microsoft. Microsoft berfokus pada sistem-operasi software baru yang mengelola, atau menjalankan, perangkat keras komputer dan juga berfungsi untuk menjembatani kesenjangan antara perangkat keras komputer dan program, seperti pengolah kata. Ini adalah fondasi dimana program komputer dapat berjalan. Mereka nama sistem operasi baru mereka "MS-DOS."
Ketika IBM PC yang menjalankan MS-DOS kapal pada tahun 1981, itu memperkenalkan bahasa baru untuk masyarakat umum. Mengetik "C:" dan perintah samar secara bertahap berbagai menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari. Dan menemukan backslash (\) kunci.
MS-DOS efektif, tetapi juga membuktikan sulit dipahami bagi banyak orang. Harus ada cara yang lebih baik untuk membangun sebuah sistem operasi.
Geek trivia: MS-DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operating System.
Dari sinilah mulai diluncurkan windows yang mudah dipahami dan selalu berkembang setiap zamannya. Disini akan dipaparkan perkembangan windows dari awal hingga yang paling update:

Windows 1.0
Tahun diluncurkan: 1985
Edisi pertama dari Windows. Yang memungkinkan pengguna menginstall Aplikasi pada OSnya. Dapat menjalankan aplikasi dalam bitmap dan juga dukungan terhadap mouse pointing device. Sebelum Windows, komputer menggunakan MS-DOS untuk menjalankan komputer. Cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan perintah yang diawali dengan perintah C (atau C:\). Dengan Windows, pengguna dapat memindahkan pointer dengan mouse dan mengklik program tersebut.
Fitur tambahannya, pengguna Windows dapat berpindah antar program. Windows 1.0 menyertakan berbagai program atau aplikasi, misalnya MS-DOS file management program, kalender, card file, notepad, kalkulator, jam, dan lainnya untuk menunjang pengguna.



Windows 2.0
Tahun diluncurkan: 1987
Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut.
Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.









Windows 3.0
Tahun diluncurkan: 1990
Keluaran ketiga dari Windows platform menawarkan peningkatan performa, advanced graphic dengan dukungan 16-colors, dan dukungan penuh Prosesor yang lebih kuat dari Intel 386. Berbagai PC yang memiliki Prosesor Intel 386, mempercepat popularitas Windows 3.0, yang menawarkan fitur yang lengkap dan kapabilitas. Popularitas Windows 3.0 kian naik, karena Microsoft mengeluarkan Software Development Kit (SDK), yang berfungsi membantu para Developer untuk menulis program.

Windows untuk Work groups 3.11
Menambahkan fitur koneksi peer-to-peer antar workgroup. Windows untuk Work groups digunakan untuk Local Area Network (LAN) dan juga untuk Laptop.









Windows 95
Tahun diluncurkan: 1995
Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.













Windows 98
Tahun diluncurkan: 1998
Windows 98 adalah Upgrade dari Windows 95. Windows 98 memperkenalkan dirinya dengan slogan "Works Better, Plays Better". Windows 98 merupakan Operating System pertama kali diluncurkan yang dikhususkan untuk konsumen.

Dengan Windows 98, pengguna dapat menemukan informasi lebih mudah di komputer mereka dan juga di Internet. Dan peningkatan yang paling signifikan adalah saat membuka dan menutup program menjadi lebih cepat, mendukung DVD disc, dan mendukung Universal Serial Bus (USB).




Windows ME (Millenium Edition)
Tahun diluncurkan: 2000
Didesain untuk pengguna komputer rumah, Windows ME menawarkan konsumen berbagai peningkatan dalam hal music, video, dan home networking dan berbagai peningkatan reliabilitas.

Sebagai contoh, untuk membantu konsumen mencari cara untuk memperbaiki sistemnya, System Restore memungkinkan untuk bali kekeadaan semula. Windows Movie Maker menyediakan editing video, menyimpan, dan saling berbagi dengan teman. Dan dengan Windows Media Player 7, kita dapat menemukan, organisir, dan memainkan digital media menjadi lebih mudah.








Windows 2000
Tahun diluncurkan: 2000
Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya. Windows Terminal Services juga, yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat di dalam satu produk saja, pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game). Windows 2000 juga merupakan versi Windows berbasis kernel NT terakhir yang tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan aktivasi terhadapnya.
Dibangun berdasarkan Windows NT Workstation 4.0 code base, Windows 2000 menambahkan improvisasi yang penting di reliabilitas, kemudahan penggunaan, kompatiblitas Internet, dan dukungan mobile computing. Lalu, fitur Plug and Play menjadi lebih luas, karena dukungan hardware yang lebih banyak. Termasuk advanced networking dan produk Wireless, USB Devices, IEEE 1394 devices, dan perangkat infrared.


Windows XP (eXPerience)
Tahun diluncurkan: 2001
Windows XP membawa hawa segar bagi dunia komputer. Peningkatan dari Windows 2000, Windows XP membawa reliabilitas tinggi, keamanan, dan performa. Dengan tampilan yang segar, Windows XP memiliki fitur untuk bisnis dan juga home computing. Termasuk remote desktop connection, file system yang dapat di enkrip, dan System Restore dan juga advanced networking. Untuk pengguna Mobile, terdapat dukungan wireless 802.1x network, Windows Messenger, dan Remote Assistance.

Windows Vista
Tahun diluncurkan: 2007
Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, yang  memiliki sistem operasi berbasis grafis yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center. Sebelumnya sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft pertama kalinya mengumumkan “Longhorn” pada bulan Juli 2001Pada awalnya, Longhorn diharapkan untuk mulai dijual pada kisaran tahun 2003 sebagai batu loncatan di antara Windows XP dan “Blackcomb” (sekarang dikenal sebagai “Windows 7).Secara bertahap, “Longhorn” nyatanya dibangun dengan banyak fitur-fitur dan teknologi baru dari “Blackcomb”, sehingga tanggal peluncurannya pun berkali-kali diundur. Microsoft kemudian mengumumkan pada 27 Agustus 2004 bahwa Perusahaan itu melakukan perubahan yang signifikan. Pembangunan “Longhorn” diulang kembali dan didasarkan pada basis program Windows Server 2003. Beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan, seperti WinFS, pun dibatalkan. Windows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkap dengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis pada 22 Februari 2006.
Windows Vista, menggemparkan dunia Komputer dengan keindahan dari desktopnya. Memperkenalkan tampilan Windows Aero yang transparan, dukungan DirectX 10, dan berbagai dukungan hardware baru. Dan juga, memperkanalkan Search Index, yang mempercepat proses pencarian, dengan cara mengindeks seluruh file.

Windows 7
Tahun diluncurkan: 2009
Windows 7, dibangun dari berbagai masukan pengguna komputer diseluruh dunia dan berbagai kritikan pedas yang diterima oleh kakaknya, yaitu Windows Vista, Windows 7 menjawab semua masukan tersebut. Pengguna komputer menginginkan kemudahan dalam penggunaan, Windows 7 memberikan jawabannya. Keamanan, reliabilitas, dan dukungan penuh terhadap hardware. Dan juga teknologi DirectX 11 yang baru. Windows Aero yang diimprovisasi. Dan juga dengan BitLocker, semua data - data kamu akan aman.
Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah:
1.        Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer.
2.        Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju.
3.        Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada.
4.        Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil da pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.
5.        Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk.
6.        Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.

Windows 8 (Codename)
Tahun diluncurkan: 2012 (Estimasi pertengahan tahun 2012)
Terinspirasi dari tampilan oleh Windows Phone 7, Windows 8 mengimplementasikan Metro UI. Dengan Start Screen berbentuk kotak. Ditunjukkan untuk pengguna TouchScreen, tapi Mouse dan Keyboard tetap bisa digunakan.



Sumber:
http://www.windowsku.com/2011/12/perjalanan-panjang-windows-dari-windows.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar